Advertise Here

Home » » Tidur yang nyaman dan Sehat

Tidur yang nyaman dan Sehat

bayi yang tertidur
photo mobimalt.com editing by ethniq


 Pernahkah sobat ethniqers merasakan sakit otot pada saat bangun tidur?
kalau pernah hal tersebut mungkin disebabkan oleh posisi tidur yang tidak benar atau biasa disebut dengan repetitive sleep injury.


memang diakui bahwa pada saat awal akan tidur kita akan melakukan posisi senyaman mungkin agar cepat tertidur hal tersebut berkaitan dengan masalah kebiasaan dan selera masing-masing.
bisa jadi posisi tidur yang berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan cedera adalah posisi tidur paling nyaman bagi dirinya dan hal tersebut membuat dirinya merasa nyaman, dan sebalik nya posisi tidur yang baik tidak akan membuatnya merasa nyaman.


meskipun demikian adanya ada beberapa posisi yang sering disinyalir sebagai pemicu dari repetitive sleep injury atau cedera pada saat tidur yang terjadi akibat tekanan pada satu bagian tubuh yang berlangsung sepanjang malam selama orang tersebut tidur.
dikutip dari Everydayhealth, Selasa (28/8/2012) berikut adalah posisi tidur yang tidak dianjurkan karena rentan memicu cedera :

  • Tidur tengkurap
posisi ini sangat tidak dianjurkan karena dapat menekan jantung, paru-paru dan perut.
Masalah utama saat tidur dengan posisi ini adalah leher harus menoleh agar bisa bernapas dengan efisien, sebab kalau tidak demikian maka wajah akan terbenam seluruhnya ke dalam bantal. Leher yang menoleh sepanjang malam dengan posisi terganjal bantal dan ditekan oleh berat badan sering memicu nyeri leher di pagi hari.


Jika memang menyukai posisi tidur tengkurap, para ahli menyarankan untuk meletakkan bantal di sekitar leher untuk menyangganya sehingga tekanannya berkurang. Bagaimanapun, tidur tengkurap memang banyak yang suka apalagi penelitian membuktikan bahwa mimpi erotis paling sering muncul saat tidur dengan posisi ini.

  • Tidur miring dengan tangan melingkari kepala
Banyak orang tidur miring sambil melingkarkan tangannya di atas kepala, agar posisi bantal tidak bergeer dantetap terjaga pada posisinya. Bantal yang bergeser memang menyebabkan leher terasa pegal, namun posisi tangan yang demikian juga tidak lebih aman karena bisa memicu cedera bahu.

Dampak yang paling sering dirasakan saat bangun tidur adalah kesemutan, atau kadang mati rasa di bagian lengan karena aliran darah tidak lancar sepanjang malam. Itu belum seberapa karena akan membaik dalam waktu singkat, sedangkan yang lebih parah adalah sendi bahu bisa terkilir dikarenakan hal tersebut.

lalu bagaimana dengan tidur yang baik dan dapat mengurangi resiko cedera pada saat bangun tidur.

disarankan untuk tidur dengan memiringkan badan kearah sebelah kanan, dan jangan ke arah sebelah kiri karena dengan tidur kearah sebelah kiri akan akan membebani jantung dengan berat badan Anda. Pada saat yang sama, jantung masih harus memompa darah.

Hal ini mengakibatkan kelelahan jantung yang dapat berakibat fatal dalam jangka panjang.

Posisi tidur miring yang baik selain dimiringkan ke arah kanan juga dapat mengikuti tidur seperti posisi bai pada saat tidur yaitu dengan punggung melengkung dan kaki sedikit menekuk ke arah dada. Posisi ini mengurangi tekanan pada tulang punggung, memudahkan pernafasan, dan membebaskan organ-organ tubuh.

beberapa manfaat dari tidur miring kekanan adalah
:
1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri
2. Mengurangi beban jantung.
3. Mengistirahatkan lambung.
4. Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas.
5. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi.
6. Merangsang buang air besar (BAB).
7. Mengisitirahatkan kaki kiri.
8. Menjaga kesehatan paru-paru.
9. Menjaga saluran pernafasan. 

berapa lamakah kita harus tidur?

 
Ilmuwan dari Universitas London mengatakan bahwa waktu tidur ideal adalah sekitar tujuh jam. Subjek penelitian yang tidur dengan lama waktu seperti direkomendasikan peneliti mendapatkan nilai lebih tinggi dari semua tes kognitif yang diadakan oleh mereka. Tetapi sebuah studi yang diadakan oleh Universitas Pennsylvania, seperti dilansir oleh New York Times, menemukan bahwa subjek yang tidur delapan jam sehari memiliki konsentrasi lebih baik.

yang jelas sobat ethniqers gunakanlah bantal yang empuk dan nyaman jangan lupa bersihkan sprei atau badcover agar tidak menimbulkan gatal supaya tidur kita nyaman dan nyenyak.


              semoga bermanfaat and happy sleep.


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ethniq - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...