Advertise Here

Home » » VOODOO Sebuah Ilmu Hitam atau Religi

VOODOO Sebuah Ilmu Hitam atau Religi

ilustrasi boneka voodoo
VOODOO (gambar dari vistawallpapers.com edit by ethniq
mendengar atau membaca kata voodoo, pasti sobat ethniqers berfikiran tentang suatu ritual ilmu hitam dari afrika, dimana seorang memegang boneka yang kemudian menusukkan paku ke boneka tersebut dengan tujuan untuk menyakiti seseorang yang dituju untuk disakiti.

mungkin terlihat seperti ilmu santet dari pulau jawa atau seperti halnya Leak dari Bali, Cindaku dari Jambi, Palasik dari Minangkabau dan ilmu-ilmu hitam lain di Indonesia  dengan beragam nama dan tata cara yang berbeda pula.

terlepas dari itu semua Istilah Voodoo (Vodun di benin juga Vodou, Voudou, atau ejaan lain yang bunyinya serupa di haiti, Vudu di Republik Dominika) diberikan kepada cabang-cabang dari suatu tradisi keagamaan spiritis animis yang berasal dari leluhur bangsa afrika barat.
Akarnya beraneka ragam dan mencakup bangsa Fon, Ewe, dan Yoruba dari Afrika Barat, dari Nigeria barat hingga ghana timur. Di Benin, Vodun adalah agama nasional.

Voodoo adalah turunan dari agama tertua di dunia yang telah dikenal ada di Afrika sejak awal peradaban manusia. Beberapa konservatif memperkirakan peradaban dan agama sudah ada lebih dari 10.000 tahun yang lalu di bumi ini.

jauh sebelum bangsa Eropa memulai perdagangan budak, struktur Voodoo, seperti yang kita kenal sekarang, lahir di Haiti selama kolonisasi Eropa Hispaniola.
Kata "voodoo" berasal dari kata Afrika Barat "vodun," yang berarti roh. Ini adalah praktek agama Afro-Karibia campuran dari banyak kelompok etnis Afrika seperti Fon, para Nago, para Ibos, Dahomeans, Congos, Senegal, Haussars, Caplaous, Mondungues, Mandinge, Angolese, Libya, Ethiopia, dan Malgaches.

dalam suatu upacara ritual pada mulanya mereka mulai memanggil tidak hanya dewa mereka sendiri, Dalam proses ini mereka mengadopsi dan memodifikasi ritual dari berbagai kelompok etnis. Hasil fusi dari kelompok-kelompok agama yang berbeda terintegrasi pada keyakinan mereka, sehingga menciptakan agama baru: Voodoo. The Essence of Voodoo

dalam kepercayaan mereka ada siklus sakral antara hidup dan yang mati. mereka percaya bahwa dengan melakukan ritual dengan berdoa, menabuh drum, menari, menyanyi, dan pengorbanan hewan akan memberikan kebahagiaan dan terhindar dari kesulitan.
Musik dan tari-tarian merupakan elemen kunci untuk upacara Voodoo. Upacara tersebut sering disebut  "Dancing Night" atau "Dancing Voodoo" karena menurut kepercayaan meraka tarian adalah ekspresi dari spiritualitas, hubungan dengan ketuhanan dan dunia roh.

Voodoo adalah agama praktis, memainkan peran penting dalam keluarga dan masyarakat Leluhur seseorang, misalnya, diyakini menjadi bagian dari dunia roh. Aspek lain dari upacara Voodoo adalah bahwa para pengikut atau penganut kepercayaan tersebut sering datang kepada imam atau pendeta mereka untuk mencari nasihat, bimbingan rohani, atau meminta bantuan untuk masalah mereka. Imam atau para pendeta voodoo itu memberikan bantuan seperti penyembuhan melalui penggunaan jamu atau obat-obatan (menggunakan pengetahuan yang telah diwariskan dalam agama itu sendiri), atau penyembuhan melalui iman itu sendiri seperti umum di agama-agama lain. Voodoo juga mengajarkan rasa hormat terhadap alam.

Sayangnya, persepsi publik tentang upacara dan ritual voodoo tampaknya sering menunjuk ke sisi jahat atau hal yang berbahaya, yang kemudian menyudutkan agama tersebut kepada persepsi yang salah dengan  bukti-bukti adanya mantra penyembuhan, mantra alam, mantra cinta, mantra pemurnian, mantra perayaan, mantra untuk kesengangan. pada upacara ritual mereka roh dapat dipanggil untuk membawa keharmonisan dan kedamaian, kelahiran dan kelahiran kembali, peningkatan keberuntungan, kebahagiaan material, dan kesehatan.

Meskipun status Voodoo sebagai salah satu agama tertua dunia, biasanya dicirikan sebagai barbar, praktek primitif, berdasarkan takhayul dan tontonan. Ketika Perancis yang penjajah Haiti, dan menyadari bahwa agama orang Afrika adalah ancaman bagi sistem kolonial, mereka melarang semua praktek agama Afrika dan akan dihukum berat bagi para praktisi Voodoo dengan hukuman penjara, cambuk, dan lain sebagainya. perjuangan agama ini berlangsung selama tiga abad, tapi tidak ada hukuman bisa mematikan kepercayaan orang Afrika terhadap voodoo.
Proses akulturasi membantu Voodoo tumbuh dalam kondisi budaya yang keras di banyak daerah di Amerika.
Voodoo bertahan sebagai agama yang sah di sejumlah wilayah di dunia, Brasil di mana ia disebut "Candomblé" dan berbahasa Inggris Karibia disebut "Obeah". Orang-orang Ewe dari selatan dan tenggara "Togo Ghana"

pada hari Kamis 10 April 2003 Pemerintah Haiti telah resmi menyetujui voodoo sebagai sebuah agama, yang memungkinkan praktisi untuk mulai melakukan upacara pembaptisan dari ke pernikahan dengan otoritas hukum. Banyak yang memuji langkah praktik voodoo itu, namun masih banyak juga yang harus dilakukan untuk menghilangkan anggapan buruk  terhadap voodoo.
 
imam Voodoo Philippe Castera mengatakan ia berharap keputusan pemerintah lebih dari sekedar upaya untuk memenangkan popularitas di tengah masalah ekonomi dan politik. "Terlepas dari kontribusi kami terhadap budaya Haiti, kami masih disalah pahami dan dibenci,"
Presiden Jean-Bertrand Aristide mengundang pengikut dan organisasi voodoo untuk mendaftar di Departemen Agama. Setelah melakukan sumpah di depan hakim sipil, praktis dengan keputusan tersebut akan mampu secara hukum melakukan upacara seperti pernikahan dan pembaptisan.

seorang mantan pastor Katolik Roma, mengatakan bahwa dia mengakui voodoo sebagai agama seperti yang lain, dan pendeta voodoo diberikan selempang kepresidenan dipelantikan pertama pada tahun 1991. "Sebuah agama leluhur, voodoo merupakan bagian penting dari identitas nasional," dan lembaga yang "mewakili sebagian besar" dari 8,3 juta penduduk Haiti, Aristide mengatakan dalam keputusan ini. Praktisi Voodoo percaya pada Tuhan Yang Maha Esa dan roh yang menghubungkan manusia dengan Tuhan.

pada tahun 1987 konstitusi Haiti mengakui kesetaraan agama. Tidak ada statistik yang dapat diandalkan mengenai jumlah penganut, namun Agama berevolusi dari keyakinan Afrika Barat dan dikembangkan lebih lanjut di antara budak di Karibia yang mengadopsi unsur-unsur Agama lain Voodoo merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Haiti, sastra seni musik, dan film. Himne yang diputar di radio dan upacara voodoo yang disiarkan di televisi.

Referensi : theafrocentricexperience.com       
               h2g2.com
Share this article :

2 komentar:

  1. Ini memang ilmu hitam sob bkan religi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob, tetapi di haiti disahkan sebagai agama.. sengaja gag ane publish bagian sejarah kelam dari aliran voodoo hitamnya karna mungkin akan berakibat sara ^_^ V
      terimakasih sob sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)

      Delete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ethniq - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...